Soal Ujian UT PGSD Semua Mata Kuliah
Dibawah ini kami berikan teladan salah satu dari Soal Ujian UT PGSD Mata Kuliah PDGK dan MKDU
Butir Soal dan Kunci Jawaban
1. Salah satu karakteristik bahasa yaitu sebuah subsistem, maksudnya ....
A. bahasa sanggup diuraikan atas satuan-satuan terbatas yang berkombinasi dengan
kaidah-kaidah yang sanggup diramalkan
B. bahasa terdiri dari sejumlah unsur yang saling terkait dan tertata secara beraturan
serta mempunyai makna
C. bahasa terdiri atas sejumlah subsistem yang saling terkait dan membentuk satu
kesatuan yang utuh
D. bahasa terdiri atas tiga subsistem bahasa, yaitu fonologi, gramatika, dan leksikon
Jawab :
2. Contoh percakapan di bawah ini yang memakai ragam baku yaitu ....
A. Dewi : Wa, mau kemana?
Dewa: “Rumah sakit. Semalam ayahku pingsan"
Dewi : "Jantungnya kambuh lagi?
Dewa: "Iya, tampaknya tambah parah. Hari ini saya nggak kuliah. Duluan ya, busku
udah datang. Besok pinjam catatannya ya Wi;
B. Bagas : “ Dik, kini sudah jam 09.00 loh. Nanti mau pergi jam berapa?”
Balqis : “ Jam 10.00, Kak. Aku mandi dulu ya”
Bagas : “Kalau mau beli kaset kosong, Kakak nitip satu”
Balqis : “Oke”
C. Denny : “ Topi ini harganya berapa Bang?”
Abang : “ Lima belas ribu”
Denny : “ Kalau yang ini berapa?’
Abang : “Yang itu sama”
Denny : “Boleh kurang Bang? Di toko sebelah cuma dua belas ribu”
D. Pak Sunu : “Bu Lis, saya mau rapat di ruang sidang sekarang”
Bu Lis : “Saya juga”
Pak Sunu : “Kalau begitu kita berangkat bersama-sama”
Jawab :
3. Berikut ini merupakan proses pemerolehan bahasa anak.
A. diperoleh tanpa sadar,secara verbal melalui menyimak/mendengarkan dan berbicara
B. dilkukan secara sadar, dengan niat untuk berguru bahasa
C. dilakukan secara verbal dan goresan pena dengan mendengarkan dan membaca
D. berlangsung secara periodik, sesuai dengan kebutuhan
Jawab :
4. Menurut pandangan kaum behaviorisme, proses pemerolehan bahasa anak
ditentukan oleh ....
A. daya kognitifnya, anak harus berperan aktif terlibat dengan lingkungannya
B. rangsangan dari lingkungannya, lamanya waktu berguru dan peniruan, tetapi peran
anak pasif
C. kemampuan bawaan lahir atau alami
D. potensi berbahasa yang secara genitis telah terprogram
Jawab :
5. Inteligensi merupakan salah satu faktor yang menghipnotis pemerolehan bahasa
pertama, maksudnya ....
A. anak berguru bahasa lantaran kebutuhan dasar yang sifatnya praktis
B. proses berguru bahasa dikendalikan oleh sistem syaraf sentra yang berada di otak
C. anak yang bernalar tinggi proses pemerolehan bahasanya lebih cepat dan lebih
kreatif
D. anak memerlukan santunan dari lingkungannya untuk mengembangkan
kemampuan berbahasanya
Jawab :
6. Meniru merupakan salah satu taktik pemerolehan bahasa, artinya ....
A. dengan menyebut suatu benda atau kejadian secara berulang-ulang akan
memudahkan anak dalam mengingat
B. dalam berbahasa, anak biasanya lebih gampang bila dibantu bahasa tubuh
C. dengan mengulang persis apa yang telah didengarnya pemerolehan bahasanya
lebih mudah
D. anak menyimak dan berbicara langsung, sekaligus memperoleh balasan dari
kawan bicaranya
Jawab :
7. Tahap pralinguistik merupakan tahap pemerolehan bahasa dalam kondisi ....
A. bunyi bahasa yang dihasilkan belum mengacu pada kata atau kalimat dengan
makna tertentu
B. anak sudah menghasilkan satu kata yang bermakna, yang sanggup mewakili
keseluruhan ide
C. anak menghasilkan dua kata dalam tuturannya
D. anak sudah bisa menghasilkan ujaran berupa kalimat pendek
Jawab :
8. Perhatikan teladan kasus berikut ini.
Kasus 1
Ayu dilahirkan di Solo, Jawa Tengah. Keluarga dan masyarakat sekitarnya sehari-hari
memakai bahasa Jawa. Pada usia 14 tahun keluarga Ayu pindah ke Jakarta. Alat
komunikasi keluarga tersebut tetap memakai bahasa Jawa, tetapi di sekolah Ayu
mengunakan bahasa Indonesia.
Kasus 2
Astrid dilahirkan dan dibesarkan di Padang. Astrid memakai bahasa Minang
untuk berkomunikasi dengan ayah dan ibunya. Astrid memakai bahasa Indonesia
bila berkomunikasi dengan teman-temannya.
Kasus 3
Sheila lahir di Jakarta, ibu berasal dari Perancis dan ayah dari Makassar. Bahasa yang
digunakan di rumah bahasa Indonesia. Astrid memakai bahasa Perancis bila
berkomunikasi dengan keluarga ibunya, dan memakai bahasa Bugis bila
berkomunikasi dengan keluarga ayahnya.
Dari ketiga teladan kasus tersebut yang B2-nya bahasa Indonesia yaitu ....
A. contoh kasus 1
B. contoh kasus 1 dan 2
C. contoh kasus 1 dan 3
D. contoh kasus 2 dan 3
Jawab :
9. Berikut ini yaitu teladan pemerolehan B2 secara terpimpin.
A. Mira bertempat tinggal di Surabaya, bahasa yang digunakan sehari-hari bahasa
Jawa. Pada waktu kelas 5 SD Mira sekolah di Bandung dan tinggal bersama bibinya.
Mira berguru bahasa Sunda dengan keluarga bibinya
B. Shinta dan keluarganya akan bermukim di Jepang selama beberapa tahun.
Untuk;memperlancar komunikasi selama di Jepang, Shinta kursus bahasa Jepang di
sebuah forum kursus ter nama di kotanya
C. Nana sehari-hari memakai bahasa Sunda. Di sekolah Nana menerima teman
gres yang berasal dari Surabaya, yang sehari-harinya memakai bahasa Jawa.
Karena Nana tertarik dengan bahasa Jawa, sehingga setiap istirahat di sekolah Nana
berguru bahasa Jawa dengan sahabat barunya.
D. Edo bertempat tinggal di Jakarta, bahasa sehari-harinya memakai bahasa
Betawi. Waktu liburan sekolah, sepupu Edo yang tinggal di Kualalumpur menginap di
rumah Edo. Edo berguru bahasa Melayu dari sepupunya dan sepupunya berguru bahasa
Betawi dari Edo.
Jawab :
10. Teori wacana dalam pemerolehan B2 yaitu sebuah teori yang menekankan pada
....
A. perlunya pebelajar B2 menguasai rumus tata bahasa dari bahasa yang sedang
dipelajari
B. penguasaan sejumlah kosakata bahasa yang sedang dipelajari
C. pentingnya pebelajar B2 menemukan makna bahasa melalui keterlibatannya dalam
berkomunikasi
D. kontinuitas pebelajar B2 dalam berguru dengan tubian
Jawab :
11. Salah satu prinsip aliran empiris yaitu “ajarkanlah bahasa, bukan tentang
bahasanya.” Yang dimaksud dengan prinsip tersebut yaitu ....
A. menggunakan bahasa dalam berkomunikasi baik secara verbal maupun tulisan
B. sebelum memakai bahasa untuk berkomunikasi harus memahami unsur-unsur
kalimat
C. aturan-aturan dalam tata bahasa harus dikuasi lebih dahulu
D. bahasa yang menentukan kaidah bahasa, bukan kaidah bahasa yang menentukan
bahasa
Jawab :
12. Yang dimaksud dengan teknik ramu pendapat (brainstorming) yaitu ....
A. cara yang digunakan dalam pembelajaran dengan tujuan semoga siswa sanggup lebih
mendalami materi pelajaran yang diberikan guru
B. upaya guru dalam memberikan materi semoga siswa tertarik untuk berguru lebih
lanjut pada materi
C. usaha guru untuk memotivasi siswa dengan cara memperlihatkan kiprah sesuai dengan
kemampuan siswa
D. pembelajaran yang memakai cara mengumpulkan pendapat para siswa
perihal suatu hal untuk diseleksi, diklasifikasi, dan dianalisis bersama-sama
Jawab :
13. Pendekatan komunikatif yaitu suatu pendekatan pembelajaran yang menekankan
pada ....
A. keaktifan siswa dalam berguru baik di dalam kelas maupun di luar kelas
B. pengembangan kompetensi komunikasi siswa untuk mendukung kemampuan
berkomunikasi
C. proses berguru daripada hasil berguru siswa
D. penguasaan salah satu keterampilan berbahasa, yaitu menyimak, berbicara,
membaca, atau menulis
Jawab :
14. Tema sangat diharapkan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia, lantaran tema
merupakan ....
A. sarana untuk mempermudah dalam memperkaya kosakata bahasa Indonesia
B. alat untuk menyederhanakan pembelajaran Bahasa Indonesia
C. wadah untuk berguru bahasa
D. jembatan dalam pembelajaran lintas materi
Jawab :
15. Simak ilustrasi berikut ini.
Dalam pembelajaran Bahasa Indonesia, Bu Noor memperlihatkan wacana ibarat berikut:
Setiap Minggu pagi pukul 05.00 Nunung, Nanang, Ayah, dan Ibu lari-lari
mengelilingi lapangan sepak bola di akrab rumahnya 5 kali. Setelah itu dilanjutkan
dengan main badminton selama 30 menit. Pukul 06.00 mereka makan bubur ayam
dan minum teh hangat. Karena bubur ayam merupakan makanan kegemaran Nanang,
pagi itu Nanang menghabiskan dua mangkok.
Langkah-langkah pembelajaran berikut ini mencerminkan model pembelajaran
terpadu lintas kurikulum
A. siswa diminta Bu Noor untuk menceritakan kembali wacana tersebut secara lisan
di depan kelas, siswa lain memberi tanggapan
B. siswa diberi kiprah untuk menciptakan wacana yang bertema lari pagi sebanyak dua
halaman dan menciptakan daftar istilah dalam keolahragaan
C. wacana tersebut dibaca Bu Noor, siswa menyimak dengan saksama, kemudian
siswa diminta untuk menciptakan laporan hasil simakannya secara tertulis
D. Bu Noor memberi kiprah kepada siswa untuk menghitung lamanya keluarga
Nunung berolah raga dan menghitung banyaknya bubur ayam yang dihabiskan
keluarga Nunung, kemudian menciptakan laporannya secara tertulis dalam kiprah kelompok
Jawab :
16. Pengertian kurikulum berikut ini berdasarkan pendapat Johnson ....
A. Kurikulum yaitu serangkain pengalaman pendidikan yang digunakan oleh
sekolah untuk menyempurnakan perkembangan anak
B. Kurikulum yaitu semua alat pengajaran yang digunakan sekolah untuk memberi
kesempatan berguru siswa menuju tujuan berguru yang dikehendaki
C. Kurikulum yaitu suatu rangkaian hasil berguru yang diinginkan, yang digunakan
untuk mengantisipasi hasil pengajaran, bukan mengantisipasi alat untuk mencapai
tujuan
D. Kurikulum yaitu semua pengalaman berguru dan mengajar yang terpimpin dan
diarahkan oleh sekolah
Jawab :
17. Fungsi kurikulum bagi guru yaitu sebagai....
A. sarana untuk menciptakan satuan pelajaran
B. pedoman untuk menjalankan tugasnya sehari-hari
C. pedoman untuk mengevaluasi perkembangan siswa
D. keseimbangan proses pendidikan penyiapan bagi guru
Jawab :
18. Jika materinya “cerita pengalaman ketika rekreasi” dan hasil belajarnya
“menceritakan pengalaman liburan”, indikator yang tepat yaitu ibarat berikut,
kecuali ....
A. menceritakan kejadian-kejadian yang dialami selama pergi ke pantai bersama
keluarga
B. mengungkapkan kejadian yang diceritakan pamannya perihal meletusnya gunung
Krakatau
C. menceritakan kejadian yang dilihatnya sewaktu dalam perjalanan menuju Danau
Toba bersama temannya
D. mengungkapkan kejadian yang dilihatnya ketika mengunjungi Kebun Raya Bogor
Jawab :
19. Jika standar kompetensinya “mampu membaca dengan pemahaman teks agak
panjang dengan bersuara dan membaca dalam hati secara intensif dan membaca
dongeng dan puisi”, maka membacakan dongeng dengan penghayatan dan ekspresi
yang sesuai” merupakan ....
A. kompetensi dasar
B. hasil belajar
C. indikator
D. materi pokok
Jawab :
20. Jika materinya “teks dongeng fiksi” dan hasil belajarnya “membaca dongeng fiksi,
menceritakan isi, dan meyimpulkan isi cerita, indikator yang tepat yaitu seperti
berikut, kecuali ....
A. memparafrase isi dongeng yang dibaca secara lisan, siswa lain menyimak
B. menulis dongeng fiksi berdasarkan pengalaman yang pernah dialami
C. membuat kesimpulan hasil bacaannya
D. mengajukan pertanyaan yang sesuai dengan isi cerita, kelompok lain menjawab
Jawab :
21. Hal yang harus diperhatikan dalam menyusun buku teks berdasarkan prinsip
seleksi ibarat berikut, kecuali ....
A. penahapan materi pelajaran, baik jumlah maupun satuan-satuannya
B. tujuan pengajaran bahasa, level bahasa yang diajarkan, dan jumlah waktu
C. jumlah materi yang akan disajikan
D. kriteria yang digunakan melandasi pilihan
Jawab :
22. Ketentuan dalam menyusun materi asuh berdasarkan Imam Machfudz dan Solchan
yaitu ...
A. bagian-bagian naskah yang ditulis harus lengkap
B. naskah yang ditulis bisa berupa naskah hasil revisi yang pernah diterbitkan
C. bersumber dari kurikulum
D. bersumber dari karakteristik setiap mata pelajaran
Jawab :
23. Sasaran kemampuan membaca permulaan yaitu siswa sanggup ....
A. mengubah dan melafalkan lambang-tertulis dengan bunyi bermakna
B. mengeja suku kata demi suku kata dengan tepat
C. membaca kata demi kata dengan benar
D. membaca satu kalimat utuh dengan lancar
Jawab :
24. Yang dimaksud dengan metode SAS yaitu ....
A. teknik yang digunakan untuk tujuan membaca permualan tingkat dasar
B. teknik yang digunakan untuk tujuan menulis permulaan tingkat dasar
C. Cara yang digunakan untuk proses pembelajaran membaca dan menulis bagi siswa
pemula
D. proses berguru membaca dan menulis untuk siswa kelas rendah
Jawab :
25. Dalam pembelajaran MMP memakai bacaan susunan bersama guru-siswa,
sehabis guru memperlihatkan beberapa gambar, kartu abjad dan suku kata, langkah
selanjutnya yaitu ibarat berikut, kecuali ....
A. siswa diminta menyebutkan nama-nama gambar dan menempelkan kartu sesuai
dengan nama gambar
B. siswa menentukan beberapa gambar sebagai materi diskusi dan simulasi
C. siswa diminta menciptakan beberapa kalimat sesuai gambar, kemudian dirangkai menjadi
dongeng sederhana
D. siswa diminta menciptakan beberapa kalimat sesuai gambar, kemudian dirangkai menjadi
dongeng sederhana
Jawab :
26. Bu Arina akan memperkenalkan abjad a, i, dan d kepada siswa kelas 1 SD.
Langkah pertama Bu Arina memperlihatkan gambar seorang anak wanita yang
berjulukan ida dan seorang anak pria berjulukan adi. Setelah Bu Arina
memperkenalkan nama gambar tersebut, langkah-langkah pembelajarannya
selanjutnya adalah, kecuali ....
A. (setelah melalui proses tanya jawab berulang kali) siswa diminta menunjuk mana
gambar yang berjulukan ida dan mana yang berjulukan adi
B. Bu Arina menulis di papan tulis secara perlahan-lahan, siswa diminta
memperhatikannya gerakan tangan dan cara mengucapkan huruf-huruf tersebut,
kemudian pengucapan kata
C. Bu Arina nganalisis dan mensintesiskan kembali goresan pena tersebut di papan tulis
D. Siswa diminta menggambar anak wanita dan laki-laki
Jawab :
27. Penilaian pembelajaran berikut ini memakai penilaian holistik....
A. Pak Seto pagi ini memberi kiprah siswa kelas 6 untuk mengarang dengan tema
rekreasi. Siswa diberi waktu 45 menit untuk karangan sepanjang dua halaman. Pada
sepuluh menit pertama banyak siswa yang masih terlihat gelisah, kertas yang
disediakan masih kosong, tapi mereka sudah mulai mencoret-coret di kertas buram.
Dengan sabarnya Pak Seto berkeliling memperhatikan para siswa, sesekali
menanyakan sesuatu. Beberapa menit kemudian mereka ibarat mendapatkan
inspirasi. Mereka sanggup menulis dengan lancar, bahkan sebelum waktunya habis,
mereka sudah selesai. Satu ahad kemudian Pak Seto membagikan hasil karangan
siswa, ada beberapa siswa yang harus memperbaiki karangannya, bahkan Roy dan
Fariz hingga dua kali memperbaiki. Dengan demikian tidak ada siswa yang mendapat
nilai tidak memuaskan
B. Ulangan membaca di kelas 3 SD ahad kemarin cukup mudah, yaitu siswa
diminta membaca dengan pemahaman dari teks sederhana. Siswa banyak yang dapat
menjawab pertanyaan yang berkaitan dengan isi wacana. Waktu dibagikan Pak Umar.
Banyak siswa yang senyum-senyum lantaran menerima nilai bagus.
C. Arda bahwasanya anak yang cukup cerdas, namun lantaran ia gampang panik dan
cemas, ia tidak bisa mengerjakan soal-soal UAN dengan baik, sehingga hasilnya
jauh dari memuaskan. Dia sangat kecewa, lantaran tidak sanggup diterima di sekolah yang
diinginkan
D. Talita, siswa kelas 3 SD yang sering menjuarai lomba pidato tampak murung
lantaran nilai ulangan final semester Bahasa Indonesia Talita turun drastis, padahal
ulangan hariannya selalu sangat memuaskan. Pada waktu akan terima rapor, Talita
berdebar-debar. Ternyata dugaan Talita meleset, ia tetap menerima nilai yang
memuaskan untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia
Jawab :
28. Aspek kemampuan berbahasa ibarat berikut ini, kecuali ...
A. menyimak
B. berbicara
C. menulis
D. Struktur
Jawab :
29. Berikut ini yaitu teladan pembelajaran dengan fokus sastra yang menekankan
pada membaca indah di kelas tinggi....
A. Kelas 5A pagi itu suasananya cukup ramai, sering terdengar tepuk tangan yang
meriah. Rupanya mereka sedang berlatih membaca puisi. Tiap siswa maju ke depan
membacakan puisi ciptaan masing-masing, siswa lain memberi balasan hasil
ciptaan puisi dan hasil membaca puisi temannya.
B. Bu Erni membacakan sebuah dongeng jenaka di depan kelas, kemudian beberapa
siswa diminta mensimulasikan gerakan-gerakan sesuai dengan yang ada dalam cerita
tersebut
C. Pak Budi membagikan fotokopi teks dongeng rakyat kepada siswa kelas 4. Para
siswa diminta membaca dengan pemahaman, kemudian menjawab pertanyaan yang
dibacakan oleh Pak Budi. Setelah selesai siswa diminta mencari kata-kata kiasan yang
terdapat dalam teks tersebut.
D. Siang ini Bu Jamilah tidak sanggup mengajar di kelas 6, lantaran menghadiri seminar
di kecamatan. Karena tidak ada guru pengganti, para siswa diberi kiprah menulis
bebas, contohnya puisi, cerpen, atau pengalaman yang menarik untuk mengisi majalah
dinding.
Jawab :
30. Tujuan membaca di SD kelas tinggi yaitu ....
A. mengenal kata dan kalimat
B. memahami isi bacaan
C. mengetahui makna istilah
D. menentukan bacaan yang sesuai
Jawab :
31. Hal-hal yang perlu dilakukan semoga siswa kelas trendah erampil menulis adalah
ibarat berikut, kecuali ....
A. menulis kata
B. menulis kalimat sederhana
C. menguasai kaidah penulisan
D. mengembangkan ide
Jawab :
32. Tujuan membaca dalam hati di kelas rendah selain bisa membaca tanpa
bersuara, yaitu bisa memahami
A. perbedaan huruf-huruf yang bentuknya mirip
B. isi tuturan tertulis yang dibacanya
C. menjawab pertanyaan yang berkaitan dengan teks yang dibaca
D. teknik-teknik membaca secara sempurna
Jawab :
33. Hal-hal yang dibinakan dalam membaca di kelas rendah yaitu ibarat berikut,
kecuali ....
A. kemampuan membedakan bentuk wacana
B. mekanisme membaca
C. gerak mata membaca dari kiri ke kanan
D. membaca kata-kata dan kalimat sederhana
Jawab :
34. Bila standar kompetensi kelas 4 :mampu memahami teks nonsastra dengan
aneka macam cara membaca melalui membaca memindai, sekilas, intensif, dan
membacakan teks untuk orang lain serta membaca teks dongeng rakyat dan pantun;
kompetensi dasarnya: membaca intensif; menyusun dongeng dari kalimat acak, hasil
belajarnya: menyusun dongeng dari kalimat acak, materi pokoknya: kartu-kartu kalimat,
maka indikatornya yaitu ....
A.menjelaskan isi teks dengan runtut
B. menyusun kalimat-kalimat acak menjadi runtut
C. menyusun ringkasan
D. menyimpulkan isi teks
Jawab :
35. Contoh pembelajaran ini memakai metode kata
A. Bu Juwita sedang mengajarkan cara mengucapkan abjad /b/ dan /d/ kepada siswa
kelas 1, sebagai berikut. aba diucapkan a eb a, ada diucapkan a ed a
B. Bu Carolina menulis di papan tulis ibarat ini:
bi ca ra dirangkaikan menjadi bicara
ca ha ya dirangkaikan menjadi cahaya
C. Pak Karnadi memperkenalkan kepada siswanya kata mata dan tabu, kemudian
siswa diminta menguraikan menjadi ma ta dan ta bu. Selanjutnya siswa diminta untuk
merangkainya menjadi mata dan tabu.
D. Pak Ahmad memperlihatkan pembelajaran membaca dengan menyajikan sebuah
kalimat utuh, kemudian kalimat tersebut dianalisis menjadi kata-kata, kemudian kata-kata
tersebut dianalisis menjadi suku kata, berikutnya suku kata tersebut dianalisis menjadi
huruf-huruf. Selanjutnya huruf-huruf tersebut dirangkai menjadi suku kata, suku kata
dirangkai menjadi kata, dan kata dirangkai menjadi kalimat utuh kembali
Jawab :
36. Perhatikan komponen pembelajaran berikut Kompetensi Dasar : Membaca puisi
Hasil Belajar : Siswa sanggup membaca puisi dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang
tepat Indikator : Siswa sanggup membaca puisi dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang
tepat Kegiatan inti yang sesuai dengan komponen di atas yaitu ....
A. 1) siswa berlatih membaca puisi; 2) siswa membaca puisi di depan kelas, siswa
lain menyimak; 3) guru memberi komentar
B. 1) guru membagi fotokopi puisi; 2) siswa mempelajari puisi; 3) siswa membaca
puisi di depan kelas dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang jelas; 3) guru memberi
komentar
C. 1) siswa membaca puisi secara berkelompok, kelompok lain menyimak dan
memberi penilaian
D. 1) guru membagi fotokopi puisi; 2) siswa berlatih membaca puisi dengan lafal,
intonasi, dan ekspresi yang tepat
Jawab :
37. Contoh pembelajaran menulis di bawah ini sanggup digunakan di SD kelas tinggi,
kecuali ....
A. Siswa diberi kesempatan untuk mengamati lingkungan di luar kelas, ibarat di
halaman sekolah, di perpustakaan, atau di kantin. Setelah waktu yang ditetapkan
habis, siswa diminta masuk kelas. Guru sanggup memandu dengan pertanyaan untuk
mengingatkan apa saja yang menarik perhatian siswa, contohnya dengan pertanyaan
Apa yang kau amati tadi? Apa yang menarik dari benda/kejadian tadi? dst.
Selanjutnya siswa diminta menuliskannya sesuai dengan yang diamati.
B. Siswa diminta melaksanakan pengamatan di luar kelas. Sebelumnya guru memberi
pengarahan semoga siswa mengamati salah satu benda, kemudian siswa diminta
mendeskripsikan benda yang diamati
C. Siswa diberi kiprah ke luar sekolah, contohnya mengamati kegiatan di sebuah
toko/warung terdekat, atau bahkan untuk terlibat eksklusif dengan kegiatan di tempat.
Kemudian menuliskan pengalamannya tersebut menjadi sebuah karangan yang
menarik
D. Siswa diberi kiprah untuk mengumpulkan aneka macam buku dongeng anak dengan
aneka macam tema, kemudian secara individu siswa diminta menciptakan ringkasan ceritanya
Jawab :
38. Penyusunan kalimat berikut ini memakai teknik memperluas kalimat ....
A. Guru : "Kamu mau kemana?"
Siswa : "Saya mau ke kantin"
Guru : "Kamu mau membeli apa?"
Siswa : "Saya mau membeli camilan manis dan minuman."
B. Guru : Sempurnakan kalimat berikut dengan menambahkan kata yang ada di
sebelah kanannya
1. Jeruk banyak mengandung vitamin ... - Jaya Wijaya
2. Gunung tertinggi di Indonesia .... - gempa bumi
3. Bencana alam yang sedang melanda Indonesia .... - C
Siswa : (Menyempurnakan kalimat tersebut dengan menambahkan kata yang cocok)
C. Guru : Anak-anak, perluaslah kalimat di bawah ini dengan memakai kata
matematika atau buku
Adik belajar. Ayah membaca
Siswa : (menulis) Adik berguru matematika. Ayah membaca buku
D. Guru : (memberikan sebuah kalimat model) Budi memukul meja
Siswa : (mengubah bentuk kalimat model dan menuliskannya) Budi memukul apa?
Guru : Kucing memanjat pohon
Siswa : Siapa yang memanjat pohon?
Jawab :
39. Pembelajaran di SD kelas rendah yaitu ibarat berikut, kecuali ....
A. pengalaman yang harus selalu diasah
B. perubahan tingkah laris yang relatif permanen
C. perubahan tingkah laris yang disebabkan latihan praktis
D. perubahan tingkah laris yang muncul secara tiba-tiba
Jawab :
40. Menyimak yaitu ....
A. mendengarkan orang yang sedang berbicara sambil menonton siaran televisi
B. mendengarkan dengan sungguh-sungguh, penuh perhatian, pemahaman, apresiatif,
disertai dengan pemahaman makna komunikasi dan disampaikan secara verbal
C. mendengarkan bunyi-bunyi bahasa verbal yang sanggup dilakukan dengan sengaja atau
tidak sengaja
D. Jawab :
kegiatan seseorang mendengarkan musik sambil membaca koran
41. Yang dimaksud dengan peningkatan daya simak dengan teknik loci adalah
mengingat dengan ....
A. memvisualisasikan materi yang harus diingat
B. menggabungkan beberapa pesan secara berantai.
C. memberikan struktur gres pada informasi yang diterima
D. memenggal pesan-pesan yang panjang
Jawab :
42. Yang dimaksud dengan menyimak untuk menganalisis fakta yaitu ....
A. menyimak dengan mendengarkan radio, menonton televisi, ceramah, atau
pertemuan ilmiah
B. menyimak dengan memahami makna dari segi terkecil
C. menyimak syair lagu dari radio, televisi, atau rekaman
D. menyimak untuk menetapkan diterima atau tidaknya fakta yang diperoleh setelah
dievaluasi
Jawab :
43. Contoh pembelajaran menyimak dengan metode simak terka yaitu ....
A. Guru : Anak-anak, simak apa yang Ibu ucapkan, kemudian ulangi bersama-sama.
Guru: : “ini saku baju"
Siswa : "Ini saku baju"
Guru : "Ada kura-kura"
Siswa : "Ada kura-kura"
B. Guru : "Simak dengan teliti pertanyaan berikut ini, kemudian jawablah dengan
benar".
Siswa : (siswa menjawab pertanyaan yang diajukan guru)
C. Guru : "Simak dengan saksama teks yang ibu baca ini, kemudian tuliskan
ringkasan ceritanya". (Guru membacakan teks 2 kali)
Siswa : (Meringkas teks yang dibaca guru memakai kalimat sederhana)
D. Guru : "Ada makhluk yang badannya kurus kecil, tapi ekornya panjang, keluar-
masuk hutan. Apakah itu?"
Siswa : "Jarum dan benang"
44. Pembelajaran bahasa dalam situasi formal yaitu kegiatan sistemik, sistematis,
dan terencana. Yang dimaksud dengan terpola yaitu ....
A. terdapat seperangkat sistem yang saling berkaitan dan berinteraksi secara
fungsional untuk mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditentukan
B. adanya pelaksanaan pembelajaran terdapat tatanan dan tahapan yang bersifat
prosedural dan bekerjasama secara kronologis-kausatif
C. terlihat secara terang dan tegas adanya dasar, arah/tujuan, dan sasaran yang ingin
dicapai
D. terdapat proses yang alami dengan adanya kegiatan awal hingga akhir
Jawab :
45. Berbicara dengan metode impromptu yaitu ....
A. kegiatan berbicara yang terjadi antara seseorang dengan satu pendengar
B. berbicara di depan umum dengan memakai teks/naskah
C. berbicara di depan umum tanpa memakai teks/mendadak
D. berbicara dengan tujuan menciptakan orang lain senang
Jawab :
46. Contoh teknik berbicara yang mempunyai pengetahuan yang luas yaitu ....
A. Markonah menerima kiprah menjadi pembawa acara perpisahan di kelasnya. Dia
memang sudah terbiasa berbicara di depan umum. Dengan bunyi yang jelas, lantang,
dan lancar, tanpa ada kesalahan, ia berhasil menarik perhatian para hadirin
B. Harmoni siswa kelas 6 dinobatkan sebagai siswa teladan tingkat propinsi. Pada
suatu kesempatan, sehabis berbicara di depan Gubernur untuk memberikan kesan-
kesannya sebagai siswa teladan, banyak hadirin yang menanyakan perihal berbagai
hal, yang di luar dugaannya. Awalnya Harmoni berdebar-debar, lantaran untuk pertama
kalinya berbicara di depan para pejabat. Akhirnya ia sanggup menguasainya, dengan
damai dan penuh percaya diri ia menjawab semua pertanyaan tersebut.
C. Amanda sudah dua kali mengikuti lomba pidato tingkat kabupaten, tapi belum
pernah berhasil. Dengan santunan para guru dan teman-temannya, Amanda
mengikuti kembali lomba serupa. Pengalaman menciptakan Amanda tampil lebih tenang
dan penuh percaya diri, lantaran mempunyai tekad yang berpengaruh untuk berhasil
D. Bu Lintang sebagai pembicara dalam seminar pendidikan menerima sambutan
yang meriah dari para peserta. Selain topiknya menarik, Bu Lintang sangat menguasai
materinya, sehingga dalam memberikan gagasan-gagasannya sangat lancar dan
teratur. Pada sesi tanya-jawab banyak akseptor yang mengajukan pertanyaan.
Jawab :
47. Standar Kompetensi : Bercerita
Hasil Belajar : Siswa sanggup menceritakan gambar bersambung
Indikator : 1) siswa sanggup menentukan kata kunci di setiap gambar; 2) siswa dapat
menceritakan gambar bersambung dengan lancar
Berdasarkan komponen tersebut, langkah-langkah pembelajarannya yaitu ....
A. 1) guru membagikan gambar bersambung yang berbeda ke setiap kelompok 2) tiap
kelompok mendiskusikan gambar 3) kelompok mengumpulkan hasil kerja kelompok
B. 1) Guru membentuk kelompok, kemudian membagi gambar, 2) siswa mendiskusikan
gambar yang diterima, 3) wakil kelompok menceritakan gambar bersambung
C. 1) siswa mendiskusikan gambar yang diterima, 2) siswa melaporkan hasil
kelompok di depan kelas, 3) guru memberitanggapan
D. 1) guru membagikan gambar bersambung yang bebeda untuk setiap kelompok, 2)
siswa mendiskusikan gambar dalam kelompoknya, 3) wakil kelompok melaporkan
hasil kerja dengan menuliskan kata kunci di setiap gambar dan menceritakan gambar
bersambung di depan kelas, 4) kelompok lain dan guru memberi tanggapan
Jawab :
48. Contoh berikut merupakan kegiatan pembelajaran berbicara individual nonilmiah
di kelas tinggi....
A. Guru menuliskan sebuah peribahasa yang memakai kata tangan di papan
tulis, kemudian beberapa siswa diminta maju satu per satu untuk menuliskan
peribahasa lain yang memakai kata tangan
B. Guru menjelaskan perihal kalimat beragam setara dan kalimat majemuk
bertingkat, kemudian siswa diminta menciptakan kalimat beragam setara dan bertingkat
di Lomba Kompetensi Siswa masing-masing
C. Siswa diminta membaca puisi hasil karya masing-masing, siswa lain menyimak
dan memberi tanggapan
D. Siswa diminta maju secara berkelompok, kemudian bermain kiprah sebagai
wartawan yang mewawancarai pemenang lomba membaca puisi
Jawab :
49. Ciri-ciri sastra anak yaitu ibarat berikut, kecuali ....
A. meghindari dilema yang berkaitan dengan dendam yang menjadikan kebencian
B. gaya penyajiannya secara langsung
C. berisi hal-hal yang menambah pengetahuan dan bermanfaat
D. bertema percintaan yang 3rotis
Jawab :
50. Tujuan pembelajaran sastra anak di SD kelas 1 yaitu ....
A. mendengarkan dongeng guru, menjawab pertanyaan, dan menceritakan kembali
B. mendeklamasikan pantun dengan penghayatan dan ekspresi yang sesuai
C. memerankan ekspresi emosional tertentu (marah, senang, sedih)
D. menanggapi tokoh-tokoh dalam dongeng dari mendengarkan cerita
Jawab :
Download Soal Ujian UTS PGSD MKUD dan PDGK
Silahkan bagi Rekan yang masih kuliah dan membutuhkan file yang kami bagikan kali ini, Download lengkapnya melalui link dibawah ini :
- PDGK 4201 Pembelajaran Matematika 2 SD Download
- PDGK 4303 Mata Kuliah Perspektif Global Semester 5 Download
- PDGK 4302 Pembelajaran Kelas Rangkap Semester 5 Download
- MKDU 4111 Pendidikan Kewarganegaraan Download
- PDGK 4301 Evaluasi Pembelajaran Semester 5 Download
- PDGK 4201 Pembelajaran Matematika 2 Download
- PGSD PDGK4201 Pembelajaran Bahasa Indonesia Download
- PGSD PDGK 4201 Pembelajaran Matematika Download
- PGSD PDGK4201 Pembelajaran IPA Download
- PGSD PDGK4201 Pembelajaran Bahasa Indonesia Download
- PGSD PDGK4201 Pembelajaran PKn Download
Advertisement