Kembali berjumpa dengan BerkasSekolah.COM yang masih membagikan kebutuhan Guru, Siswa dan Warga Sekolah lainnya. Semoga memudahkan dalam pembedaharaan file yang pastinya dipakai dalam keseharian di sekolah.
Kali ini kami bagikan Soal Latihan Ujian untuk Guru/ Siswa di SMA-SMK Kelas X (Sepuluh) yang sebentar lagi akan melaksanakan kegiatan Ujian Kenaikan Kelas (UKK) atau Ujian Akhir Semester Genap (2) Mata Pelajaran Bahasa Indonesia lengkap dengan Jawaban dalam bentuk dan Soal Essay Serta Pilihan Ganda.
Adapun motivasi kami dalam membagikan soal ini tiada lain sebagai menambah pengetahuan akan bahan pelajaran bahasa indonesia dan latihan soal semoga nantinya siswa akan siap melaksanakan dan menghadapi UKK semester Genap dengan semangat dan optimis mendapat nilai yang memuaskan.
Soal UKK Bahasa Indonesia Kelas X kali ini memakai Kurikulum 2013 Revisi, lantaran memang itulah kurikulum yang hingga ketika ini dipakai di hampir seluruh sekolah jenjang SMA-SMK gunakan. Kaprikornus tidak perlu khawatir akan soal-soal didalamnya.
Berikut ini Soal UKK Bahasa Indonesia SMA-SMK Kelas 10
Anak-anak yang terlalu banyak menonton telivisi berdasarkan riset yang dilakukan Columbia University of Pshysicians and Surgeons di New York, Amerika Serikat, menjadi terbiasa pada gambar-gambar visual yang bergerak cepat. Itu akan menyebabkan bawah umur menjadi bosan terhadap kegiatan-kegiatan menyerupai membaca dan mendengarkan, terutama di sekolah. Otak mereka menjadi tidak terbiasa berkonsentrasi lantaran umunnya gambar-gambar yang ditayangkan di televisi tidak membutuhkan konsentrasi intelektual.
Akibatnya, bawah umur yang terlalu banyak menonton televisi mempunyai masalah-masalah, menyerupai benci sekolah dan kesulitan mengerjakan pekerjaan rumah. Akibat jangka panjangnya cukup mengkhawatirkan. Seperti disebut dalam Guardian.co.uk., bawah umur yang tidak terbiasa berkonsentrasi pada kegiatan mencar ilmu lantaran terlalu sering menonton televisi cemderung tidak ingin melanjutkan ke pendidikan tinggi
1. Kalimat pertanyaan yang sesuai dengan isi paragraf tersebut yaitu . . .
a. Mengapa Columbia University melaksanakan riset terhadap anak yang menonton televisi?
b. Kapankah dilakukan penelitian ihwal bawah umur yang sering menonton televisi?
c. Mengapa anak yang terlalu banyak menonton televisi tidak terbiasa berkonsentrasi?
d. Faktor-faktor apa saja yang menciptakan bawah umur terlalu banyak menonoton televisi?
e. Siapakah yang meneliti bawah umur Amerika yang terlalu banyak menonton televisi?
2. Mengapa anak yang terlalu banyak menonton televisi kurang suka membaca? Jawaban pertanyaan yang sesuai dengan isi teks di atas yaitu . . .
a. Semua anak suka melihat gambar-gambar visual yang tidak membutuhkan konsentrasi belajar.
b. Semua otak anak tidak terbiasa berkonsentrasi pada kegiatan mencar ilmu dan lebih bahagia melihat tayangan visual.
c. Mereka malas berkonsetrasi untuk mengerjakan pekerjaan rumah lantaran terbiasa menonton telivisi.
d. Anak tersebut sudah terbiasa dengan gambar-gambar visual yang bergerak cepat dan tidak membutuhkan konsentrasi intelektual.
e. Otak mereka bahagia berkonsetrasi pada gambar-gambar yang ditayangkan di televisi dan tidak membutuhkan konsentrasi intelektual.
3. Pertanyaan yang sesuai dengan isi paragraf tersebut yaitu . . .
a. Anak yang terbiasa berkonsentrasi intelektual disebabkan oleh seringnya menonton televisi.
b. Sangat banyak anak yang terpengaruh oleh gambar visual yang bergerak cepat yang ditayangkan telivisi.
c. Anak yang terlalu sering menonton telivisi cenderung ingin melanjutkan ke pendidikan tinggi.
d. Salah satu problem pada anak yang terbiasa menonton telivisi yaitu merasa kesulitan mengerjakan pekerjaan rumah.
e. Anak yang tidak sanggup berkonsentrasi sulit memahami tayangan telivisi.
4. Simpulan isi kedua paragraf tersebut yaitu . . .
a. Anak yang terlalu banyak menonton telivisi akan mengalami kesulitan belajar.
b. Media telivisi kuat positif terhadap kegiatan pembelajaran anak.
c. Anak yang sering menonton telivisi cenderung tidak melanjutkan pendidikannya.
d. Media telivisi menciptakan anak malas membaca dan mendengarkan terutama di sekolah.
e. Anak yang terlalu banyak menonton telivis mempunyai resiko tidak melanjutkan sekolah.
5. Proses pembangunan tidak saja menumbuhkan nilai-nilai kemanusiaan, tetapi juga menyebabkan banyak problem baru. Kalimat di atas memakai gaya bahasa . . .
a. Personifikasi b. metafora c. metonimia d. hiperbola e. ironi
6. Sanksi dikenakan pada forum penyiaran daripada produk di mana disiarkan atau ditayangkan. Perbaikan struktur kalimat tersebut yang sempurna yaitu . . .
a. Sanksi di mana dikenakan buat forum penyiaran yang mana produk disiarkan atau ditayangkan.
b. Sanksi dikenakan pada forum penyiaran atas produk yang mana disiarkan atau ditayangkan.
c. Sanksi dikenakannya pada forum penyiaran atas produk yang mana disiarkan atau ditayangkan.
d. Sanksi dikenakan pada forum pernyiaran atas produk yang disiarkan atau ditayangkan.
e. Sanksi dikenakan buat forum daripada penyiaran atas produk yang disiarkan atau ditayangkan.
7. Bacalah paragraf berikut dengan seksama!
(1) Pemandangan di Pantai Putri menciptakan siapa saja merasa tentram. (2) Tampak pasir putih,ombak yang tenang, serta maritim yang biru. (3) Tak heran banyak orang yang bergerak berjalan-jalan ke tengah pantai. (4) Demikian juga sejumlah cowok bersenda gurau berenang di pantai itu. (5) Tiba-tiba ada yang berteriak Hiu! (6) Sejumlah cowok itu tadi lari ke sana ke mari. Kalimat yang sumbang terdapat pada kalimat nomor . . .
a. (1) b. (2) c. (3) d. (4) e. (5)
8. Bacalah paragraf berikut dengan seksama!
Seorang anak, wajahnya cantik, umurnya kira-kira lima belas tahun. Ia sedang duduk di Sekolah Menengan Atas kelas X. gadis itu sedikit nakal, suka mengambil uang temannya. Ternyata sehabis ditanya, memang benar gadis itu pelakunya. Sebutan yang sempurna untuk gadis itu yaitu . . .
a. bertangan panjang c. anak yang panjang tangan e. bertangan dingin
b. asisten panjang d. membawa buah tangan
9. Kelima rangkaian kata berikut sanggup disusun menjadi satu kalimat.
(1) sehabis sekian lama
(2) dirindukan masyarakat local
(3) informasi otonomi daerah
(4) yang mendambakan keadilan, pemerataan, kesejahteraan, kemakmuran daerah
(5) karenanya direspon juga
Urutan-urutan pecahan kalimat yang runtut yaitu . . .
a. (1)-(2)- (3)-(5)- (4) b. (5)-(3)- (1)-(2)- (4) c. (5)-(1)- (3)-(2)- (4) d. (3)-(5)- (1)-(2)- (4) d. (1)-(2)- (4)-(3)- (5)
10. Masyarakat pariwisata Kaliurang menyusun . . . untuk menyakinkan wisatawan bahwa Yogyakarta dan
Gunung Merapi kondusif dikunjungi.
Kelompok kata yang sempurna untuk melengkapi kalimat tersebut yaitu . . .
a. kegiatan wisata c. kertas kerja e. jadwal acara
b. rencana kunjungan d. jadwal pemulihan
Itulah sepenggal Soal dari file yang kami bagikan kali ini, Bagi yang membutuhkan file secara lengkapnya, sanggup di Download melalui link dibawah ini :
Demikianlah kiranya menyebarkan pada kesempatan kali ini untuk sementara Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Mapel bahasa inggris, matematika, TIK, Kimia, Biologi, Sejarah, Geografi, Ekonomi, Sosiologi, Fisika, PKn, PAI dan PJOK akan kami bagikan secepatnya. Terima Kasih.
Adapun motivasi kami dalam membagikan soal ini tiada lain sebagai menambah pengetahuan akan bahan pelajaran bahasa indonesia dan latihan soal semoga nantinya siswa akan siap melaksanakan dan menghadapi UKK semester Genap dengan semangat dan optimis mendapat nilai yang memuaskan.
Soal UKK Bahasa Indonesia Kelas X kali ini memakai Kurikulum 2013 Revisi, lantaran memang itulah kurikulum yang hingga ketika ini dipakai di hampir seluruh sekolah jenjang SMA-SMK gunakan. Kaprikornus tidak perlu khawatir akan soal-soal didalamnya.
Berikut ini Soal UKK Bahasa Indonesia SMA-SMK Kelas 10
Anak-anak yang terlalu banyak menonton telivisi berdasarkan riset yang dilakukan Columbia University of Pshysicians and Surgeons di New York, Amerika Serikat, menjadi terbiasa pada gambar-gambar visual yang bergerak cepat. Itu akan menyebabkan bawah umur menjadi bosan terhadap kegiatan-kegiatan menyerupai membaca dan mendengarkan, terutama di sekolah. Otak mereka menjadi tidak terbiasa berkonsentrasi lantaran umunnya gambar-gambar yang ditayangkan di televisi tidak membutuhkan konsentrasi intelektual.
Akibatnya, bawah umur yang terlalu banyak menonton televisi mempunyai masalah-masalah, menyerupai benci sekolah dan kesulitan mengerjakan pekerjaan rumah. Akibat jangka panjangnya cukup mengkhawatirkan. Seperti disebut dalam Guardian.co.uk., bawah umur yang tidak terbiasa berkonsentrasi pada kegiatan mencar ilmu lantaran terlalu sering menonton televisi cemderung tidak ingin melanjutkan ke pendidikan tinggi
1. Kalimat pertanyaan yang sesuai dengan isi paragraf tersebut yaitu . . .
a. Mengapa Columbia University melaksanakan riset terhadap anak yang menonton televisi?
b. Kapankah dilakukan penelitian ihwal bawah umur yang sering menonton televisi?
c. Mengapa anak yang terlalu banyak menonton televisi tidak terbiasa berkonsentrasi?
d. Faktor-faktor apa saja yang menciptakan bawah umur terlalu banyak menonoton televisi?
e. Siapakah yang meneliti bawah umur Amerika yang terlalu banyak menonton televisi?
2. Mengapa anak yang terlalu banyak menonton televisi kurang suka membaca? Jawaban pertanyaan yang sesuai dengan isi teks di atas yaitu . . .
a. Semua anak suka melihat gambar-gambar visual yang tidak membutuhkan konsentrasi belajar.
b. Semua otak anak tidak terbiasa berkonsentrasi pada kegiatan mencar ilmu dan lebih bahagia melihat tayangan visual.
c. Mereka malas berkonsetrasi untuk mengerjakan pekerjaan rumah lantaran terbiasa menonton telivisi.
d. Anak tersebut sudah terbiasa dengan gambar-gambar visual yang bergerak cepat dan tidak membutuhkan konsentrasi intelektual.
e. Otak mereka bahagia berkonsetrasi pada gambar-gambar yang ditayangkan di televisi dan tidak membutuhkan konsentrasi intelektual.
3. Pertanyaan yang sesuai dengan isi paragraf tersebut yaitu . . .
a. Anak yang terbiasa berkonsentrasi intelektual disebabkan oleh seringnya menonton televisi.
b. Sangat banyak anak yang terpengaruh oleh gambar visual yang bergerak cepat yang ditayangkan telivisi.
c. Anak yang terlalu sering menonton telivisi cenderung ingin melanjutkan ke pendidikan tinggi.
d. Salah satu problem pada anak yang terbiasa menonton telivisi yaitu merasa kesulitan mengerjakan pekerjaan rumah.
e. Anak yang tidak sanggup berkonsentrasi sulit memahami tayangan telivisi.
4. Simpulan isi kedua paragraf tersebut yaitu . . .
a. Anak yang terlalu banyak menonton telivisi akan mengalami kesulitan belajar.
b. Media telivisi kuat positif terhadap kegiatan pembelajaran anak.
c. Anak yang sering menonton telivisi cenderung tidak melanjutkan pendidikannya.
d. Media telivisi menciptakan anak malas membaca dan mendengarkan terutama di sekolah.
e. Anak yang terlalu banyak menonton telivis mempunyai resiko tidak melanjutkan sekolah.
5. Proses pembangunan tidak saja menumbuhkan nilai-nilai kemanusiaan, tetapi juga menyebabkan banyak problem baru. Kalimat di atas memakai gaya bahasa . . .
a. Personifikasi b. metafora c. metonimia d. hiperbola e. ironi
6. Sanksi dikenakan pada forum penyiaran daripada produk di mana disiarkan atau ditayangkan. Perbaikan struktur kalimat tersebut yang sempurna yaitu . . .
a. Sanksi di mana dikenakan buat forum penyiaran yang mana produk disiarkan atau ditayangkan.
b. Sanksi dikenakan pada forum penyiaran atas produk yang mana disiarkan atau ditayangkan.
c. Sanksi dikenakannya pada forum penyiaran atas produk yang mana disiarkan atau ditayangkan.
d. Sanksi dikenakan pada forum pernyiaran atas produk yang disiarkan atau ditayangkan.
e. Sanksi dikenakan buat forum daripada penyiaran atas produk yang disiarkan atau ditayangkan.
7. Bacalah paragraf berikut dengan seksama!
(1) Pemandangan di Pantai Putri menciptakan siapa saja merasa tentram. (2) Tampak pasir putih,ombak yang tenang, serta maritim yang biru. (3) Tak heran banyak orang yang bergerak berjalan-jalan ke tengah pantai. (4) Demikian juga sejumlah cowok bersenda gurau berenang di pantai itu. (5) Tiba-tiba ada yang berteriak Hiu! (6) Sejumlah cowok itu tadi lari ke sana ke mari. Kalimat yang sumbang terdapat pada kalimat nomor . . .
a. (1) b. (2) c. (3) d. (4) e. (5)
8. Bacalah paragraf berikut dengan seksama!
Seorang anak, wajahnya cantik, umurnya kira-kira lima belas tahun. Ia sedang duduk di Sekolah Menengan Atas kelas X. gadis itu sedikit nakal, suka mengambil uang temannya. Ternyata sehabis ditanya, memang benar gadis itu pelakunya. Sebutan yang sempurna untuk gadis itu yaitu . . .
a. bertangan panjang c. anak yang panjang tangan e. bertangan dingin
b. asisten panjang d. membawa buah tangan
9. Kelima rangkaian kata berikut sanggup disusun menjadi satu kalimat.
(1) sehabis sekian lama
(2) dirindukan masyarakat local
(3) informasi otonomi daerah
(4) yang mendambakan keadilan, pemerataan, kesejahteraan, kemakmuran daerah
(5) karenanya direspon juga
Urutan-urutan pecahan kalimat yang runtut yaitu . . .
a. (1)-(2)- (3)-(5)- (4) b. (5)-(3)- (1)-(2)- (4) c. (5)-(1)- (3)-(2)- (4) d. (3)-(5)- (1)-(2)- (4) d. (1)-(2)- (4)-(3)- (5)
10. Masyarakat pariwisata Kaliurang menyusun . . . untuk menyakinkan wisatawan bahwa Yogyakarta dan
Gunung Merapi kondusif dikunjungi.
Kelompok kata yang sempurna untuk melengkapi kalimat tersebut yaitu . . .
a. kegiatan wisata c. kertas kerja e. jadwal acara
b. rencana kunjungan d. jadwal pemulihan
Itulah sepenggal Soal dari file yang kami bagikan kali ini, Bagi yang membutuhkan file secara lengkapnya, sanggup di Download melalui link dibawah ini :
Demikianlah kiranya menyebarkan pada kesempatan kali ini untuk sementara Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Mapel bahasa inggris, matematika, TIK, Kimia, Biologi, Sejarah, Geografi, Ekonomi, Sosiologi, Fisika, PKn, PAI dan PJOK akan kami bagikan secepatnya. Terima Kasih.
Advertisement